STRATEGI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 REJOSO PETERONGAN JOMBANG

Main Author: Habibah, Ummu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/2270/
Daftar Isi:
  • Strategi Pembelajaran merupakan komponen penting dalam sistem pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran akan dapat tercapai dengan baik. Akan tetapi kenyataanya pelaksanaan strategi pembelajaran AlQur’an Hadits belum sesuai dengan yang diharapkan. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 2 Jombang? Strategi apa yang digunakan guru terhadap pembelajaran Al-Qur’an Hadits Di MTsN 2 Jombang? Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits Di MTsN 2 Jombang? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitianya penelitian lapangan. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisa data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, kondensasi data, data display dan penarikan kesimpulan, sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ditemukan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadits dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. (2) Strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru Al-Qur’an Hadits dengan menerapkan berbagai strategi, yaitu strategi pembelajaran interaktif dan strategi pembelajaran langsung. (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits yaitu sarana dan prasarana yang memadai dan kurangnya motivasi diri dari siswa dan guru selalu memberikan semangat dan motivasi kepada siswa-siswanya. Sehingga strategi yang diterapkan dan dijalankan oleh guru Al-Qur’an Hadits sudah berhasil sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Kata Kunci : strategi. Pembelajaran, Al-Qur’an Hadits.