PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH SABILUL HUDA SENDEN PETERONGAN JOMBANG
Main Author: | Prihandini, Dina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/2103/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini menitikberatkan pada aspek pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru di MI Sabilul Huda Senden. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan instrumen pengumpulan data menggunakan metode observasi dan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh supervisi kepala sekolah sebesar 80% dimana pada skala pengukuran responden dikatagorikan sangat baik, sementara itu kinerja guru sebesar 80% dimana pada skala pengukuran responden dikatagorikan sangat baik. Hasil analisis regresi linier sederhana dari hasil perhitungan memperoleh nilai thitung = 2,183 dan ttabel = 1895, maka thitung < ttabel dengan nilai signifikan 0,65 < 0,05. Berdasarkan temuan-temuan pada peneliti ini dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru di MI Sabilul Huda Senden. Kata Kunci: Supervisi Kepala Sekolah, peningkatan, Kinerja Guru