POLA ASUH ORANG TUA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) TUNAS HARAPAN I TEMBELANG JOMBANG

Main Author: Zakaria, Muhammad Andika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/2097/
Daftar Isi:
  • Pola asuh berpengaruh terhadap perkembangan anak terlebih dengan orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran pola asuh orangtua pada anak berkebutuhan khusus dalam pendidikan agama islam. Penelitian ini membahas tentang pengenalan anak berkebutuhan khusus dalam pendidikan agama islam. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif.Penelitian iniberfokus pada partisipan orang tua siswa SLB Tunas Harapan 1 Tembelang Jombang.Penelitian ini menggunakan 3 metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipan sudah bisa mulai mendidik anak mereka dengan pendidikan agama islam. Penelitian ini mengunakan 3 Teknik Analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan orang tua sangat mempengarui tentang perkembangkan pola asuh anak. Rata-rata pendidikan orang tua di SLB Tunas Harapan 1 Tembelang Jombang ialah SMA 13,33 %, SMP 53,33% , SD 33,33%. Lingkungan juga mempengarui perkembang perkembangan anak. Lingkungan terbagi menjadi 3. Keluarga juga mempengaruhi perkembangan anak dalam Pendidikan Agama islam. Contoh dari Pendidikan Agama Islam yaitu sholat 5 waktu serta mengenal nama-nama Allah SWT. Kata Kunci : Pola Asuh, Anak Berkebutuhan Khusus, Pendidikan Agama Islam.