PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI WAKAF PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS X IPS DI MADRASAH ALIYAH BALONGREJO JOMBANG
Main Author: | SA‟ADAH, AMINATUS |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/2090/ |
Daftar Isi:
- Peneliti ini untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam mempelajari mata pelajaran fiqih, dengena model pembelajran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar kelas X IPS di MA Balongrejo Jombang tentang materi wakaf setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning di MA Balongrejo Jombang. Metode penelitian ini digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Peneliti ini dilaksanakan dalam dua siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS di MA Balongrejo Jombang Tahun Ajaran 2019/2020 dengan jumlah 19 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan hasl belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan ratarata kelas pada tahap pra siklus dengan rata-rata klasikal mencapai 64,5, siklus I mencapai 70 dan siklus II mencapai 75,7. Pada tahap pra siklus memperoleh prosentase hasil belajar 31,57%, siklus I memperoleh prosentase hasil belajar sebesar 52,63% dan siklus II memperoleh prosentase hasil belajar sebesar 84,2%. Kata kunci: Model, Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar