KORELASI KOMPETENSI SOSIAL GURU DENGAN PERILAKU SOSIAL SISWA DI MADRASAH ALIYAH ALHIKMAH BALONGREJO SUMOBITO JOMBANG

Main Author: Hasanah, Nida
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/2085/
Daftar Isi:
  • Penelitian dilaksanakan berlatar belakang kompetensi yang harus dimiliki guru salah satunya adalah kompetensi sosial seorang guru sebagai sosok yang digugu lan ditiru oleh peserta didik, agar memiliki perilaku yang baik. Keduanya saling berhubungan. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian kuantitatif jenis penelitian korelasional. Metode yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, interview, angket, desain pengukuran. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment, untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara kompetensi sosial guru dengan perilaku sosial siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) tingkat prosentase kompetensi sosial guru dalam kategori sangat baik sebesar 83,91%. (2) perilaku sosial siswa dalam kategori sangat baik sebesar 84,64%. (3) kompetensi sosial guru memiliki korelasi yang rendah dengan perilaku sosial siswa di MA Al Hikmah Balongrejo dengan hasil koefisien korelasi sebesar 0,352.berdasarkan perhitungan SPSS memperoleh hasil signifikansi 0,03. Dimana hasil 0,03 < 0,05 bahwa terdapat hubungan antara kompetensi sosial guru dengan perilaku sosial siswa di MA Al Hikmah Balongrejo. Kata Kunci: Kompetensi Sosial Guru, Perilaku Sosial Siswa