HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN LINGUISTIK DENGAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR‟AN PADA MATA PELAJARAN AL-QUR‟AN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL FAIZIN CATAK GAYAM MOJOWARNO JOMBANG
Main Author: | Mufidah, Siti Nur Amaliyatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/2080/ |
Daftar Isi:
- Setiap manusia memiliki Delapan jenis kecerdasan, namun hanya beberapa orang yang dominan, salah satunya Kecerdasan linguistik (bahasa). permasalahan utama dalam membaca Al-Qur’an adalah banyak orang yang memiliki Kecerdasan linguistic tetapi dalam membaca Al-Qur’an belum sesuai kaidah yang ditentukan, seperti kurang memahami hukum bacaan atau Tajwid, makharijul huruf. Tujuan penelitian mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kecerdasan linguistik dan keterampilan membaca. Jenis Penelitian Kuantitatif dengan uji analisis statistik Korelasi Product Moment. Hasil penelitian bahwa Variabel X Kecerdasan Linguistik Prosentase 3,144%.Variabel Y Keterampilan Membaca Prosentase 3,052%. Dibuktikan bahwa rxy = 0,993 dan N = 60, maka r tabel = 0,27. Ternyata r hitung lebih besar daripada r tabel, maka tergolong korelasi bahwa antara variable x dan variable y terdapat pengaruh. Maka dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh antara Kecerdasan Linguistikdengan Keterampilan Membaca pada Materi Al-qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Darul Faizin Catak Gayam Mojowarno Jombang. Kata Kunci: KecerdasanLinguistik, KeterampilanMembaca