IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN BACAAN SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs AL-IHSAN JOMBANG

Main Author: Wulandari, Dewi Rahma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/2073/
ctrlnum 2073
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unipdu.ac.id/2073/</relation><title>IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED&#xD; READING AND COMPOSITION UNTUK MENINGKATKAN&#xD; KEMAMPUAN PEMAHAMAN BACAAN SISWA KELAS VII&#xD; PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM&#xD; DI MTs AL-IHSAN JOMBANG</title><creator>Wulandari, Dewi Rahma</creator><subject>BV1460 Religious Education</subject><description>Penelitian dilaksanakan berlatar belakang rendahnya kemampuan pemahaman&#xD; bacaan siswa. Oleh karena itu dilaksanakan penelitian ini sebagai upaya untuk&#xD; meningkatkan kamampuan pemahaman bacaan siswa dan sebagai perbaikan hasil&#xD; belajar pada siswa kelas VII di MTs Al-Ihsan Jombang. Bentuk penelitian ini adalah&#xD; Penelitian Tindakan Kelas (PTK)yang dilaksanakan sebanyak dua kali siklus. Subyek&#xD; penelitian adalah siswa kelas VII MTs Al-Ihsan Jombang sebanyak 19 siswa.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran SKI melalui&#xD; model Cooperative Integrated Reading an Composition (CIRC) dapat meningkatkan&#xD; kemampuan pemahaman bacaan siswa dan hasil belajar siswa juga mengalami&#xD; perbaikan. Dibuktikan pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai ratarata kelas 62,89 dengan presentase ketuntasan belajar sebanyak 31,57%, siklus 1&#xD; nilai rata-rata kelas 86,05 dengan presentase ketuntasan belajar 84,21%, pada siklus&#xD; 2 nilai rata-rata belajar meningkat menjadi 90 dengan presentase ketuntasan belajar&#xD; 89,47%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan&#xD; model Cooperative Integrated Reading an Composition (CIRC) dapat meningkatkan&#xD; kemampuan pemahaman bacaan siswa kelas VII di MTs Al-Ihsan Jombang.&#xD; Kata Kunci: Model CIRC, Pemahaman Bacaan, SKI</description><date>2020-12-01</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Wulandari, Dewi Rahma (2020) IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN BACAAN SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs AL-IHSAN JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum. </identifier><recordID>2073</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Wulandari, Dewi Rahma
title IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN BACAAN SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs AL-IHSAN JOMBANG
publishDate 2020
topic BV1460 Religious Education
url http://eprints.unipdu.ac.id/2073/
contents Penelitian dilaksanakan berlatar belakang rendahnya kemampuan pemahaman bacaan siswa. Oleh karena itu dilaksanakan penelitian ini sebagai upaya untuk meningkatkan kamampuan pemahaman bacaan siswa dan sebagai perbaikan hasil belajar pada siswa kelas VII di MTs Al-Ihsan Jombang. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)yang dilaksanakan sebanyak dua kali siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII MTs Al-Ihsan Jombang sebanyak 19 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran SKI melalui model Cooperative Integrated Reading an Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman bacaan siswa dan hasil belajar siswa juga mengalami perbaikan. Dibuktikan pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai ratarata kelas 62,89 dengan presentase ketuntasan belajar sebanyak 31,57%, siklus 1 nilai rata-rata kelas 86,05 dengan presentase ketuntasan belajar 84,21%, pada siklus 2 nilai rata-rata belajar meningkat menjadi 90 dengan presentase ketuntasan belajar 89,47%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model Cooperative Integrated Reading an Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman bacaan siswa kelas VII di MTs Al-Ihsan Jombang. Kata Kunci: Model CIRC, Pemahaman Bacaan, SKI
id IOS3130.2073
institution Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
institution_id 470
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNIPDU Jombang
library_id 582
collection Repository Unipdu Jombang
repository_id 3130
subject_area Agama
Akuntansi
Bahasa
city JOMBANG
province JAWA TIMUR
repoId IOS3130
first_indexed 2023-02-26T11:38:08Z
last_indexed 2023-02-26T11:38:08Z
recordtype dc
_version_ 1766021130134487040
score 17.13294