IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN BACAAN SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs AL-IHSAN JOMBANG
Main Author: | Wulandari, Dewi Rahma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/2073/ |
ctrlnum |
2073 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unipdu.ac.id/2073/</relation><title>IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED
READING AND COMPOSITION UNTUK MENINGKATKAN
KEMAMPUAN PEMAHAMAN BACAAN SISWA KELAS VII
PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
DI MTs AL-IHSAN JOMBANG</title><creator>Wulandari, Dewi Rahma</creator><subject>BV1460 Religious Education</subject><description>Penelitian dilaksanakan berlatar belakang rendahnya kemampuan pemahaman
bacaan siswa. Oleh karena itu dilaksanakan penelitian ini sebagai upaya untuk
meningkatkan kamampuan pemahaman bacaan siswa dan sebagai perbaikan hasil
belajar pada siswa kelas VII di MTs Al-Ihsan Jombang. Bentuk penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK)yang dilaksanakan sebanyak dua kali siklus. Subyek
penelitian adalah siswa kelas VII MTs Al-Ihsan Jombang sebanyak 19 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran SKI melalui
model Cooperative Integrated Reading an Composition (CIRC) dapat meningkatkan
kemampuan pemahaman bacaan siswa dan hasil belajar siswa juga mengalami
perbaikan. Dibuktikan pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai ratarata kelas 62,89 dengan presentase ketuntasan belajar sebanyak 31,57%, siklus 1
nilai rata-rata kelas 86,05 dengan presentase ketuntasan belajar 84,21%, pada siklus
2 nilai rata-rata belajar meningkat menjadi 90 dengan presentase ketuntasan belajar
89,47%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan
model Cooperative Integrated Reading an Composition (CIRC) dapat meningkatkan
kemampuan pemahaman bacaan siswa kelas VII di MTs Al-Ihsan Jombang.
Kata Kunci: Model CIRC, Pemahaman Bacaan, SKI</description><date>2020-12-01</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Wulandari, Dewi Rahma (2020) IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN BACAAN SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs AL-IHSAN JOMBANG. Other thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum. </identifier><recordID>2073</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Wulandari, Dewi Rahma |
title |
IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED
READING AND COMPOSITION UNTUK MENINGKATKAN
KEMAMPUAN PEMAHAMAN BACAAN SISWA KELAS VII
PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
DI MTs AL-IHSAN JOMBANG |
publishDate |
2020 |
topic |
BV1460 Religious Education |
url |
http://eprints.unipdu.ac.id/2073/ |
contents |
Penelitian dilaksanakan berlatar belakang rendahnya kemampuan pemahaman
bacaan siswa. Oleh karena itu dilaksanakan penelitian ini sebagai upaya untuk
meningkatkan kamampuan pemahaman bacaan siswa dan sebagai perbaikan hasil
belajar pada siswa kelas VII di MTs Al-Ihsan Jombang. Bentuk penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK)yang dilaksanakan sebanyak dua kali siklus. Subyek
penelitian adalah siswa kelas VII MTs Al-Ihsan Jombang sebanyak 19 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran SKI melalui
model Cooperative Integrated Reading an Composition (CIRC) dapat meningkatkan
kemampuan pemahaman bacaan siswa dan hasil belajar siswa juga mengalami
perbaikan. Dibuktikan pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai ratarata kelas 62,89 dengan presentase ketuntasan belajar sebanyak 31,57%, siklus 1
nilai rata-rata kelas 86,05 dengan presentase ketuntasan belajar 84,21%, pada siklus
2 nilai rata-rata belajar meningkat menjadi 90 dengan presentase ketuntasan belajar
89,47%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan
model Cooperative Integrated Reading an Composition (CIRC) dapat meningkatkan
kemampuan pemahaman bacaan siswa kelas VII di MTs Al-Ihsan Jombang.
Kata Kunci: Model CIRC, Pemahaman Bacaan, SKI |
id |
IOS3130.2073 |
institution |
Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang |
institution_id |
470 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UNIPDU Jombang |
library_id |
582 |
collection |
Repository Unipdu Jombang |
repository_id |
3130 |
subject_area |
Agama Akuntansi Bahasa |
city |
JOMBANG |
province |
JAWA TIMUR |
repoId |
IOS3130 |
first_indexed |
2023-02-26T11:38:08Z |
last_indexed |
2023-02-26T11:38:08Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766021130134487040 |
score |
17.13294 |