UPAYA GURU DALAM MENCIPTAKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA MADRASAH TSANAWIYAH PLUS DARUL ULUM JOMBANG
Main Author: | Rahmawati, Rika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/2068/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah munculnya kendala belajar yang dialami siswa di MTs Plus Darul Ulum Jombang. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana sikap siswa yang mengalami kejenuhan belajar saat pembelajaran SKI dan faktor apa saja yang menyebabkan kejenuhan belajar SKI yang dialami siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah guru Mts Plus Darul Ulum Jombang. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kejenuhan belajar siswa, yaitu: (1) sikap siswa saat merasa jenuh belajar SKI adalah tidur, meletakkan kepala diatas meja, mengobrol dengan teman sebangku dan sering izin keluar kelas. (2) faktor penyebab kejenuhan belajar SKI yang dialami siswa kelas VII antara lain: suasana pembelajaran kurang menyenangkan metode yang dipakai guru hanya metode ceramah, kelelahan karena begadang, kelelahan karena anggota tubuh seperti jari-jari tangan yang diakbitkan oleh mencatat materi pembelajaran yang terlalu banyak. Upaya guru dalam mengatasi kejenuhan yaitu (1) mengadakan sesi tanya jawab terkait materi yang dipelajari, (2) memberi tugas, (3) memutarkan video pembelajaran SKI. Kata Kunci: Kejenuhan Belajar, Upaya Guru Mengatasai Kejenuhan Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam