IMPLEMENTASI KULTUR LITERASI BACA TULIS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 JOMBANG

Main Author: Mahmuda, Ainun
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/2061/
Daftar Isi:
  • Rendahnya minat baca siswa di Indonesia menyebabkan terjadinya penurunan prestasi belajar.Oleh karena itu, Kemendikbud meluncurkan 1 program yaitu GLS (Gerakan Literasi Sekolah) dalam rangka membiasakan dan meningkatkan minat siswa untuk membaca.Sekolah yang sudah melaksanakan kegiatan literasi di lembaganya yaitu MTsN 2 Jombang.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kultur literasi di MTsN 2 Jombang, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi kultur literasi di MTsN 2 Jombang dan mendeskripsikan dampak implementasi kultur literasi terhadap prestasi siswa di MTsN 2 Jombang.Pendekatan ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan.Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode angket, dokumentasi, observasi dan wawancara.Adapun dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan mereduksi dan mendisplay data dengan beberapa uraian singkat serta menyimpulkannya secara fleksibel supaya menjawab rumusan masalah yang ada.Hasil penelitian menunjukkan bahwa MTsN 2 Jombang memiliki program literasi dengan menambahkan beberapa variasi kegiatan seperti, literasi Al-Qur‟an, membaca materi sebelum KBM dan mendatangkan Perpustakaan Mastrip Jombang. Kata kunci: Implementasi Kultur Literasi Baca Tulis, Prestasi Belajar,Akidah Akhla