PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH AN-NASHIRIYAH NGUMPUL JOGOROTO JOMBANG

Main Author: Mukoddas, Faisal
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/2053/
Daftar Isi:
  • Implementasi penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Team Games Turnament sebagai upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V pada mata peajaran IPA di MI An – Nashiriyah Ngumpul Jogoroto Jombang. Penelitian ini dilaksanakan karena tingkat keaktifan dan hasil belajar siswa rendah sehingga perlu adanya peningkatan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 19 siswa. Metode pengumpuan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.teknis analisis data yang digunakan adalah flow model. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Turnament dapat meningkatkan hasil keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V di MI An Nashiriyah. Dapat dijelaskan Pada tahapan pra siklus 8 siswa tuntas dengan nilai rata-rata 74 dan persentase ketuntasan 42% pada siklus 1 nilai rata-rata 81,4 dan persentase ketuntasan 73,6% dan siklus 2 mengalami peingkatan nilai rata-rata 86 dengan persentase ketuntasan 94,73%. Kata Kunci : Teams Games Turnament (TGT), Keaktifan, Hasil Belajar, IPA