IMPLEMENTASI MEDIA PARALON PENJUMLAHAN (PARJUM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL ULUM 1 SUMBER PENGANTEN JOGOROTO JOMBANG

Main Author: Sholichah, Zuni Mar’atus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/2052/
Daftar Isi:
  • Implementasi dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan media Parjum sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 pada mata pelajaran Tematik pemetaan matematika di MI Darul Ulum 1 Sumber Penganten Jogoroto Jombang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus sesuai dengan model Kemmis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 MI Darul Ulum 1 Sumber Penganten Jogoroto sebanyak 22 siswa. Penelitian ini dilaksanakan karena hasil belajar siswa rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pada tahap pra siklus, 12 siswa tuntas dengan ratarata 73,4 dan Persentase ketuntasan 54,6 %. Pada tahap siklus 1 hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 75,7 dengan prosestase ketuntasan 77,3% dan siklus 2 meningkat dengan Persentase 95,6 % dengan rata-rata 80. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media Parjum dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 MI Darul Ulum 1 Sumber Penganten Jogoroto Jombang. Kata Kunci: Media Parjum, Hasil Belajar, Tematik, Matematika