PENGARUH RELIGIUSITAS DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA DISTRO ASSFAK ASSYUHADA DI JOMBANG
Main Author: | Islami, Ainun Tri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/2036/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui dan menganalisa sejauh mana religisuitas dan gaya hidup memepengaruhi keputusan pembelian pada distro Assfak Assyuhada di Jombang. Jenis penelitian yng digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey, populasinya adalah seluruh pengunjung distro Assfak Assyuhada. Sampling ditentukan dengan metode non probability sampling dan dengan teknik accidental sampling. Karena keterbatasan dalam pegambilan data penjualan maka digunakan diambil sampel sebanyak 100 reponden. Metode analisis data yang digunakan adalah uji isntrument (uji validitas dan uji reabilitas), uji asumsi klasik, uji regresi linier, uji hipotesis (uji t dan uji F), dan koefisien determinasi menggunakan SPSS 17. Hasil penelitian diperoleh persamaan regersi linier berganda Y = Y = 7,803 – 0,101X1 + 0,286X2 + e, hasil uji t religiusitas (X1) nilai probabilitas sig = 0,023< 0,05 dan hasil uji t gaya hidup (X2) nilai probabilitas 0,000 < 0,05. Serta hasil koefisien determinasi adjusted R square (R2) sebesar 0,459. Dalam hal ini dapat diartikan bahwa keputusan pembelian mampu dijelaskan oleh religiusitas dan gaya hidup sebesar 45,9 % sedangkan sisanya 54,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel religiusitas (X1) dan variabel gaya hidup (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y). Dan secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel reigiusitas (X1) dan variabel gaya hidup (X2) terhadap keputusan pembelian (Y). Kata kunci : religiusitas, gaya hidup, keputusan pembelian