PENGARUH MEDIA SOSIAL, LOCUS OF CONTROL, DAN SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PRODI ADMINISTRASI BISNIS UNIVERSITAS PESANTREN TINGGI DARUL ULUM JOMBANG
Main Author: | NOVITASARI, NOVITASARI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/2024/ |
Daftar Isi:
- Semakin tingginya akan kenaikan penduduk disuatu negara, membuat semakin banyak pula masyarakat yang memperlukan suatu lapangan pekerjaan. Namun, lapangan pekerjaan yang tersedia tidak mecukupi, yang berakibat banyaknya pengangguran saat ini, sehingga dalam hal ini dirasa pentingnya dunia wirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Sosial, Locus of Control, dan Self Efficacy terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Prodi Administrasi Bisnis Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. Sampel yang digunakan sebanyak 70 mahasiswa aktif prodi Administrasi Bisnis angkatan tahun 2016-2018 yang telah menempuh mata kuliah Kewirausahaan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner menggunakan google form. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan alat analisis SPSS 23. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; 1). Media Sosial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Berwirausaha pada mahasiswa prodi administrasi bisnis Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang. 2) Locus of Control tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Berwirausaha pada mahasiswa prodi administrasi bisnis Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang. 3) Self Efficacy berpengaruh secara signifikan terhadap Minat Berwirausaha pada mahasiswa prodi administrasi bisnis Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang. 4) Media Sosial, Locus of Control, dan Self Efficacy berpengaruh secara simultan terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Prodi Administrasi Bisnis Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang. Kata Kunci : Media Sosial, Locus of Control, Self Efficacy, Minat Berwirausaha.