ANALISIS TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) BERBASIS FOKUS PADA PELANGGAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK DI PT. ARWANA CITRAMULIA PLANT III GRESIK

Main Author: Faruk, Umar
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/2016/
Daftar Isi:
  • Total Quality Management merupakan suatu pendekatan dalam menjalankan usaha untuk memaksimumkan daya saing organisasi. agar bersaing dan unggul dalam persaingan global adalah dengan menghasilkan kualitas yang terbaik. PT. Arwana Citramulia Plant III Gresik merupakan salah satu perusahaan swasta yang bergerak dibidang manufaktur yaitu memproduksi keramik siap pakai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi Total Quality Management (TQM) PT Arwana Citramulia Plant III Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis domain dan taksonomi, tiga orang sebagai informan dan satu orang sebagai triangulator didapatkan hasil bahwa PT Arwana Citramulia Plant III Gresik telah melaksanakan 10 langkah Total Quality Management (TQM) dengan baik. Hambatan pelaksanaan Total Quality Management (TQM) berbasis fokus pada pelanggan antara lain; delegasi dan kepemimpinan yang tidak baik dari manajemen senior.Upaya peningkatan kualitas produk melalui komposisi bahan produk dan Kendala dalam peningkatan kualitas produk adalah kesediaan bahan baku dengan harga yang semakin naik dan bahan baku kurang, sesuai mesin yang kurang prima dan human error Kata kunci : Analisis Total Quality Management (TQM) Berbasis Fokus, Pelanggan, Kualitas Produk