IMPLEMENTASI STORE ATMOSPHERE SEBAGAI COMPETITIVE STRATEGY PADA D’JOMBANG CAFE DI KABUPATEN JOMBANG

Main Author: Nabila, Nabila
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/2002/
Daftar Isi:
  • Seiring dengan perkembangan zaman, cafe merupakan salah satu tempat favorit bagi kaum millennial karena alasan utamanya adalah untuk mengabadikan diri dengan smartphone berpixel besar yang dilengkapi dengan fitur andalan. Citra dari sebuah cafe berawal dari suasana yang diciptakan oleh cafe itu sendiri. Kenyamanan pengunjung akan memberikan pengaruh besar dan penentu bagi keberlangsungan hidup cafe. Begitu juga dengan kopi dan menu pendukung lainnya yang menajdi tolok ukur bagi kepuasan pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang bagaimana implementasi store atmosphere sebagai competitive strategy pada D‟jombang Cafe di Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Objek penelitiannya di D‟jombang Cafe, kecamatan Sumobito, kabupaten Jombang. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis interaktif model Miles and Huberman (1984). Hasil penelitian ini adalah dipaparkannya strategi bersaing (competitive strategy) yang diadopsi oleh D‟jombang Cafe berupa strategi pengembangan, strategi pertahanan, dan strategi keberlanjutan. Dengan memaksimalkan store atmosphere yang meliputi exterior, general interior, store layout, dan interior display. Kata Kunci: Competitive Strategy, Store Atmosphere, dan Strategi Pemasaran.