ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN DESAIN UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PENJUALAN PADA UMKM DI UD. SUMBER REJEKI DESA REJOSLAMET MOJOWARNO JOMBANG

Main Author: Ma’rifah, Luluk
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/1998/
Daftar Isi:
  • UMKM UD. Sumber Rejeki adalah sebuah industri kecil yang memiliki potensi membuat kerajinan dompet dan tas, yang berada didesa rejoslamet kecamatan mojowarno kabupaten jombang. Didesa tersebut banyak yang mendirikan usaha pengrajin dompet dan tas karena dengan usaha ini adalah mata pencaharian masyarakat setempat agar dapat meningkatkan perekonomian keluarga. Berdasarkan hal tersebut, pengrajin dompet dan tas ini harus memiliki strategi pengembangan guna untuk meningkatkan jumlah produksi dan mempertahankan usaha. Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan mode untuk meningkatkan jumlah produksi UD. Sumber Rejeki. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan data dan informasi yang diperoleh dilapangan, kemudian dianalisis dan diambil kesimpulannya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan mode yang dilakukan oleh UD. Sumber Rejeki yaitu dengan membuat beberapa desain terbaru dan mengembangkan produk unggulan yaitu dompet koin. Hal ini dilakukan guna untuk meningkatkan jumlah penjualan UD. Sumber Rejeki. Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Desain, Jumlah Penjualan