“PENGARUH UTILITARIAN SHOPPING MOTIVATION, HEDONIC SHOPPING MOTIVATION DAN PATRONAGE BUYING MOTIVE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ELZATTA DI KABUPATEN JOMBANG
Main Author: | Dewi, Rizka Kartika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/1982/ |
Daftar Isi:
- Fashion muslim terus berkembang dari masa kemasa, fashion muslim tidak lagi hanya menjadi sebuah keinginan yang diharapkan untuk mencapai rasa kepuasan, melainkan sudah menjadi sebuah kebutuhan dan berdampak terhadap meningkatnya industri fashion muslim di Indonesia. Salah satunya yaitu galeri Elzatta yang sudah dikenal di kalangan masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah utilitarian shopping motivation (X1), hedonic shopping motivation (X2), dan patronage buying motive (X3) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian produk Elzatta di Kabupaten Jombang. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak. Hasil uji t hitung X1:0,002 X2:0,003 X3:0,000 artinya secara parsial variabel independent berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y. Sedangkan untuk variabel dominant terdapat pada variabel X2. Data koefisien determinasi menunjukkan nilai sebesar 0,779, artinya 77,9% keputusan pembelian konsumen produk Elzatta di Kabupaten Jombang dipengaruhi oleh tiga faktor tersebut, sedangkan 22,1% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Kata kunci : utilitarian shopping motivation, hedonic shopping motivation, patronage buying motive, keputusan pembelian