Implementation of Islamic Character Education With Intervention Approach and Micro Habituation of Education in Kuttab Al-Fatih Jombang
Main Authors: | Ulwiyah, Nur, Maftuhatin, Lilik, Samsukadi, Mochamad |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed |
Terbitan: |
IAIN Kediri
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/1847/ https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/didaktika/article/view/1106 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas tentang proses internalisasi karakter- karakter islami pada peserta didik yang diterapkan di lembaga pendidikan non-formal Kuttab Al-Fatih Jombang. Pendidikan karakter yang telah dicanangkan pemerintah sejak 2003 melalu Sisdiknas belum menunjukkan hasil yang membanggakan. Hal itu ditunjukan dengan maraknya perbuatan amoral dari masyarakat awam sampai elit bangsa ini. Dengan pendekatan intervensi dan baituasi mikro pendidikan, Kuttab Al-Fatih Jombang berusaha menanamkan karakter-karakter islami kepada peserta didiknya. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data digali dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian divalidasi dan dianalisis dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kuttab Al-Fatih Jombang fokus pada penanaman karakter-karakter islami kepada peserta didiknya. Hal itu ditunjukan pada meteri yang diberikan hanya pada pembelajaran al- Quran dan iman secara tematik. Penamanan karakter-karakter Islami tersebut tidak hanya sekerdar pemberian materi secara teoretis, tetapi secara praktis dilaksanakan oleh semua yang terlibat dalam mikro pendidikan yang meliputi, kebijakan dan aturan sekolah, pimpinan, guru, staf, siswa dan orang tua. Jadi proses penanaman karakter siswa dilakukan dengan dua pola, yaitu pola pembentukan dan pola pembiasaan sehingga karakter-karakter islami terinternalisasikan secara alami pada peserta didik. Keywords Pendidikan Karakter; Mikro Pendidikan; Kuttab al-Fatih Jombang