PENGARUH INTENSITAS BERMAIN GAMES ONLINE ANDROID TERHADAP PERILAKU AGRESIF PADA ANAK USIA REMAJA AWAL DI SMP HARAPAN KESAMBEN JOMBANG

Main Author: Sahariyah, Nafahatus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/1720/
Daftar Isi:
  • Sejalan dengan perkembangan zaman, banyak remaja sekarang yang perilaku agresif dikarenakan bermain game online android. kebanyakan dalam bermain games online android dengan tampilan visualisasi kekerasan yang ditunjukan secara berulang pada tampilan karakter, yang secara tidak langsung dilakukan berulang. Salah satu menjadi pemicu terjadinya tindakan agresif. Agresif dan kebiasaan berbicara tanpa kendali bahkan cacian, tentu saja berdampak negatif bagi perkembangan remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intensitas bermain games online android terhadap perilaku agresif pada anak usia remaja awal usia 13-15 tahun. Desain digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan case control. Populasi dalam penelitian ini adalah 70 responden. Sampel terdiri 30 responden tidak agresif, 29 responden perilaku agresif, variabel indepedent adalah intensitas bermain games online android, variabel dependent adalah perilaku agresif. Pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Alat ukur mengunakan kuesioner, data analisis menggunakan uji statistic Chi Square dengan taraf signifikan 5% (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh intensitas bermain games online android terhadap perilaku agresif (P = 0,000). Sehingga semakin tinggi bermain games online android semakin tinggi pula tingkat agresifnya. Karena social learning di media elektronik dapat mengandung kekerasan didalamnya, yang ditunjukan secara fisik maupun verbal. Mengakibatkan seseorang menirunya, sehingga perilaku agresif muncul. Kata kunci : Bermain Games Online, Perilaku Agresif, Remaja.