IMPLEMENTASI METODE JIGSAW DAN MEDIA GERBONG HAFALAN ASMAUL HUSNA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI BUSTANUL ULUM MLARAS SUMOBITO JOMBANG

Main Author: Sa’diyah, Habibatus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/1625/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran ini untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak melalui metode jigsaw dan media gerhana yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus yaitu satu kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas II MI Bustanul Ulum Mlaras Sumobito Jombang sebanyak 31 siswa. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II pada mata pelajaran Akidah Akhlak MI Bustanul Ulum Mlaras Sumobito Jombang. Penelitian ini menggunakan analisis data flow model dan data yang dikumpulkan berdasarkan wawancara, dokumentasi, dan tes. Pada tahap pra siklus siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 32,2% dan masih 67,7% belum mencapai ketuntasan belajar. Hasil pada tahap siklus I mengalami peningkatan ketuntasan yakni menjadi 54,83% dan 45,16% sisanya mengalami ketidaktuntasan belajar. Selanjutnya, pada tahap siklus 2 setelah melakukan pendalaman penerapan metode jigsaw dan media gerhana memperoleh 90,32% siswa yang tuntas belajar dan 9,67% yang mengalami ketidaktuntasan. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode jigsaw dan media gerhana dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak kelas II MI Bustanul Ulum Mlaras Sumobito Jombang. Kata Kunci : Metode Jigsaw, Media Gerhana, Hasil Belajar, Akidah Akhlak