PENERAPAN METODE JARIMATIKA DAN MEDIA TAKALINTAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN MATEMATIKA SISWA KELAS III DI SDN MODONGAN SOOKO MOJOKERTO

Main Author: Rohmatin, Isnainia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/1619/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian pada mata pelajaran Matematika kelas III di SDN Modongan Sooko Mojokerto yang menggunakan metode Jarimatika dan media Takalintar yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian ini, peneliti menggunakan PTK, peneliti mengambil kelas III dari SDN Modongan Sooko Mojokerto dengan jumlah siswa 26 terdiri dari 12 laki-laki dan 14 perempuan. Pada tahap pra siklus guru masih menggunakan metode konvensional, sehingga hanya 2 siswa yang mampu mencapai ketuntasan klasikal dengan persentase ketuntasan sebesar7,69% dan rata-rata klasikal 41,53. Setelah diterapkannya metode Jarimatika dan media Takalintar pada siklus 1 mengalami peningkatan sebesar 84,61% dengan 22 siswa yang terampil dalam berhitung perkalian. Pada siklus 2 keterampilan berhitung siswa mengalami peningkatan secara signifikan dibuktikan dengan rata-rata klasikal mencapai 96,92 dengan persentase ketuntasan 100%. Oleh karena itu disimpulkan bahwa pembelajaran Matematika konsep perkalian dengan metode Jarimatika dan media Takalintar mampu meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas III SDN Modongan Sooko Mojokerto. Kata Kunci: Metode Jarimatika, Media Takalintar, Kemampuan berhitung, Matematika