PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LINGKUNGAN SEKITAR DAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN ASMAUL HUSNA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH SUNAN KALIJAGA 2 TINGGAR BANDAR KEDUNGMULYA JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Main Author: Rosyidah, Yulia Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/1614/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran di kelas II MI Sunan Kalijaga 2 Tinggar Bandar Kedungmulya Jombang, guru masih menggunakan metode yang konvensional yaitu metode pembelajaran yang berpusat pada guru, penelitian dilaksanakan karena hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas II pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Subyek penelitian siswa kelas II sebanyak 28 siswa. Penelitian ini menggunakan analisis data flow model, data yang dikumpulkan berasal dari observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Pada tahap pra siklus, hanya 8 siswa yang mampu dengan prosentase ketuntasan sebanyak 28,57% dan rata-rata sebanyak 65,71. Hasil pada siklus 1 terdiri dari 24 siswa mampu memahami asmaul husna dengan prosentase ketuntantasan sebanyak 85,71% dan 85,35 rata-rata klasikal. Sedangkan pada siklus 2 mencapai 100% ketuntasan dengan rata-rata sebanyak 98,03. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran lingkungan sekitar dan metode make a match dapat meningkatkan pemahaman asmaul husna siswa kelas II MI Sunan Kalijaga 2 Tinggar Bandar Kedungmulya Jombang. Kata Kunci: Model Lingkungan Sekitar, Make A Match, Pemahaman, Akidah Akhlak