INTEGRASI PENDIDIKAN SALAFIYAH DAN SISTEM PENDIDIKAN MODERN DI MADRASAH ALIYAH UNGGULAN DARUL ULUM REJOSO PETERONGAN JOMBANG
Main Author: | Yaturoshidah, Chilmy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/1604/ |
Daftar Isi:
- Pondok Pesantren Darul Ulum telah memperbarui dan mengembangkan sistem pendidikannnya melalui integrasi pendidikannya, sehingga dapat menyiapkan lulusannya sesuaui dengan tuntutan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan keunggulan integrasi pendidikan kepesantrenan dalam sistem pendidikan modern di Madrasah Aliyah Unggulan Darul Ulum Rejoso Peterongan Jombang.Penelitian ini menggunakan desain penelitian lapangan dan menerapkan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data ya ng digunakan adalah metode kepustakaan, dokumentasi dan interview untuk melengkapi dan menyempurnakan data hasil dokumentasi, adapun data yang diperoleh peneliti dalam penelitian ini akan disajikan secara deskriptif kualitatif, kemudian teknik analisis data menggunakan metode induktif. Berdasarkan dari hasil penelitian, bahwa integrasi pendidikan salafiyah ke dalam sistem pendidikan modern dilakukan dalam dua sistem, yaitu sistem paket dan klasikal, dimana pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara Full Day School. Sedangkan keunggulan implementasi integrasi pendidikan adalah mencetak siswa yang mampu bersaing dalam era globalisasi, dengan dibekali keilmuan perpaduan madrasah dan kepesantrenan, melalui proses pengintegrasian pendidikan, kepesantrenan, dan muatan lokal. Kata kunci: Integrasi, pendidikan salafiyah dan pendidikan modern.