IMPLEMENTASI METODE BANDONGAN DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH DINIYAH ASRAMA PUTRI IV PONDOK PESANTREN DARUL ‘ULUM JOMBANG
Main Author: | Cahyani, Willy Relita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/1601/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah perlunya pendidikan pesantren yang kondusif melalui madrasah diniyah. Untuk memaksimalkan pencapaian perlu adanya metode utama sistem pengajaran di lingkungan pesantren yaitu metode bandongan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana Penerapan Metode Bandongan Dalam Pembelajaran Fiqih Di Madrasah Diniyah Asrama IV Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Jombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil dari penelitian ini (1) Metode bandongan dilaksanakan dalam ruangan, tatacara penerapannya adalah menggunakan sistem pembelajaran klasikal yaitu peserta didik dalam pembelajaran fiqih dikelompokkan dalam tingkatan kelas tertentu. (2) Faktor pendudukung adalah tempat untuk pembelajaran yang kondusif, lebih mengirit waktu dalam penyampaian pembelajaran untuk banyak santri. (3) Faktor penghambat adalah tidak semua peserta didik terpantau semua dalam pembelajaran, ustadz tidak bisa maksimal dalam memberikan materi sesuai dengan kemampuan masing-masing santri. Kata Kunci: Metode Bandongan, Pembelajaran Fiqih, Madrasah Diniyah