POLA HUBUNGAN MURID DAN GURU MENURUT TA’LI M AL-MUTA’ALLIM DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN MODERN
Main Author: | Iqbal, Muhamad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/1594/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas manusia. Oleh sebab itu, manusia merupakan kekuatan sentral dalam pembangunan, sehingga mutu dan system akan dapat ditentukan keberhasilannya melalui peningkatan motivasi belajar muird. Kehidupan dan peradaban manusia dizaman globalisasi ini mengalami banyak perubahan dalam merespon fenomena itu, lembaga pendidikan berlomba dan berpacu mengembangkan kualitas pendidikan disegala bidang ilmu dan termasuk juga penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Era yang demikian memunculkan sebuah kritis dimensi spiritual dalam kehidupan individu, masyarakat bahkan pada sektor yang lebih luas berbangsa dan bernegara. Dalam pandangan Syaikh al-Zarnu>ji>, tujuan pendidikan khususnya murid dan guru melahirkan manusia-manusia baru yang sipa tampil sebagai insane ‘ulama’-intelek dan intelek ‘ulama’. Yakni manusia baru yang memiliki keteguhan iman dan pengetahuan agama yang begitu luas serta jasmani dan ruhaninya. Sedangkan tujuan pendidikan menurut pandangan pendidikan modern adalah menciptakan manusia yang selalu berusaha untuk mengikuti zaman dan perkembangan dunia kapanpun dan dimanapun. Kata Kunci: Murid, Guru dan Pendidikan Modern.