IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI PLANDAAN JOMBANG
Main Author: | Agustin, Erlinda Qurrotul Aini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/1586/ |
Daftar Isi:
- Kurikulum 2013 merupakan bentuk perubahan pembelajaran dan pembentukan kompetensi serta karakter peserta didik. Kurikulum 2013 dirancang secara khusus dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Pendidikan agama Islam masuk dalam tatanan terbaru dalam kurikulum 2013. Sehingga pengimplementasian kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan agam Islam harus berjalan maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksaan pembelajaran pendidikan agama Islam, menganalisis implementasi kurikulum 2013 sebelum dan sesudah di revisi tahun 2016, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi kurikulum 2013 setelah di revisi. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan subyek yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksaan pembelajaran dan implementasi kurikulum 2013 versi revisi sudah berjalan dengan baik meski ada beberapa hambatan serta kekurangan. Kata Kunci: Kurikulum 2013, Pendidikan Agama Islam.