Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) dalam Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Sumberpenganten Jogoroto Jombang

Main Author: Jannah, Roudhotul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/1578/
Daftar Isi:
  • Proses belajar mengajar di sekolah, guru harus memiliki strategi, agar siswa dapat belajar secara efektif dan efisien, dan mengena pada tujuan yang diharapkan. Guru bertugas membantu orang belajar dengan cara memanipulasi lingkungan, sehingga siswa dapat belajar dengan mudah. Sementara siswa juga harus aktif dalam mencari informasi. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan Strategi PAIKEM di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Sumberpenganten Jogoroto Jombang,Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang bermaksud untuk menggambarkan, mengungkap, dan menjelaskan implementasi Strategi PAIKEM dalam mata pelajaran aqidah akhlaq di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Sumberpenganten Jogoroto Jombang. penelitian ini untuk memperoleh data dan informasi dilapangan, peneliti cenderung menggunakan metode wawancara secara langsung atau wawancara secara mendalam dengan dewann guru dan siswa di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Sumberpenganten Jogoroto Jombang. Berdasarkan dari hasil penelitian, implementasi Strategi PAIKEM dalam Mata pelajaran aqidah akhlaq sudah banyak mengalami peningkatan karena banyak siswa/siswi yang mendapatkan nilai rata-rata yang baik dan strategi PAIKEM juga membuat siswa/siswi kreatif an aktif dalam pembelajaran aqidah akhlaq. Yang mana faktor penghambat dalam Strategi PAIKEM yaitu dari diri siswa sendiri dan lingkungan. Dan faktor pendukungnya yaitu guru dapat secara langsung mengawasi siswa. Kata kunci: Strategi Pembelajaran, PAIKEM, Aqidah Akhlaq.