MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH MAMBAUL ULUM MURUKAN MOJOAGUNG
Main Author: | Farida, Anik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/1572/ |
Daftar Isi:
- Penilaian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisa model pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Ibtidaiyah Mamba’ul Ulum. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Mamba’ul Ulum Murukan dan bagaimana model pengembangan kurikulum di Madrasah Mamba’ul Ulum Murukan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data meliputi sumber data primer dan sekunder. Alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analasis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Adapun hasil dari penelitian adalah landasan pengembangan kurikulum Pendidikan agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Mamba’ul Ulum Murukan menggunakan landasan secara religius. Hal ini ditekankan pada metode praktik dan hafalan yang dituntutkan pada siswa. Sedangkan model pengembangan kurikulum yang dipakai dalam Madrasah Ibtidaiyah Mamba’ul Ulum Murukan adalah model pengembangan Gree-Roots, dimana para guru terlibat aktif dalam proses pengembangan kurikulum yang dicapainya. Kata Kunci : Model, Pengembangan Kurikulum, Pendidikan Agama Islam,