IMPLEMENTASI PEMBIASAAN MEMBACA AL-QURAN UNTUK MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS DARUL ULUM 1 UNGGULAN BPPT (BADAN PENGKAJIAN DAN PENERAPAN TEKNOLOGI) JOMBANG
Main Author: | Qomaruddin, Ahmad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/1571/ |
Daftar Isi:
- Penulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi pembiasaan membaca AlQur’an untuk pembentukan karakter religius siswa di SMA Darul Ulum I Unggulan BPPT Jombang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif diharapkan dapat meningkatkan pembentukan akhlak yang di selenggarakan oleh SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT Jombang. Pada metedologi penelitian, peneliti mengutamakan instrumen wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap pelaksanaan pembiasaan membaca Al-Qur’an guna pembentukan karakter religius siswa di SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT Jombang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, kegiatan pembiasaan membaca Al-Qur’an dilakukan setiap pagi selama 15 menit sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Untuk mendukung pembiasaan agar mencapai hasil lebih efektif maka digunakan beberapa metode pendukung, yaitu: Metode penugasan, metode teman sejawat, metode iqro’ dan membaca Al-Qur’an secara klasik. Kegiatan pembiasaan membaca Al-Qur’an memberikan dampak yang sangat positif dan sebagai upaya untuk membentuk karakter religius siswa. Kesimpulan dari penulisan ini menunjukkan bahwa melalui pembiasaan membaca Al-Qur’an di SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT Jombang, guru memberikan pemahaman terkait pentingnya membiasakan membaca Al-Qur’an dan juga memberikan teladan yang baik terhadap siswa, dan dalam mewujudkan kerakter religius dalam diri siswa. Kata Kunci : Pembiasaan, Membaca Alquran, Karakter Religius, Implementasi, Siswa