PERAN GURU MADRASAH DINIYAH DALAM MEMBENTUK AKHLAK YANG TERPUJI PADA ANAK DI DESA BONGKOT PETERONGAN JOMBANG
Main Author: | Nafi’ah, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/1570/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang peran guru Madrasah Diniyah dalam membentuk akhlak yang terpuji pada anak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena akhir zaman yang ditunjukkan dengan krisis akhlak, terutama pada anak-anak usia sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana peran guru dalam membentuk akhlak anak di madrasah diniyah desa bongkot. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru madrasah diniyah. Adapun objek dalam penelitian ini adalah pembentukan akhlak terpuji pada anak di Madrasah Diniyah. Analisis data menggunakan teknik analisis jenis deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa guru madrasah diniyah telah berupaya membentuk akhlak terpuji pada anak dengan beberapa metode, adapun peran guru itu sendiri sebagai pendidik, pembimbing, pelatih, dan pengarah adalah menciptakan peserta didik agar menjadi anak yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan membentuk generasai yang berakhlak mulia. Kata kunci : Guru Madrasah Diniyah, Pembentukan, dan Akhlak Terpuj