PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANTARA LULUSAN SEKOLAH DASAR DENGAN MADRASAH IBTIDAIYAH (STUDI KASUS DI KELAS VIISEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 MOJOWARNO JOMBANG)
Main Author: | Lathifah, Nurma Ismi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/1568/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar siswa lulusan Sekolah Dasar dengan lulusan Madrasah Ibtidaiyah di SMP Negeri 2 Mojowarno. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasinya siswa SMPN 2 Mojowarno dengan teknik sampling dan acak pada siswa kelas VII SMPN 2 Mojowarno. Penelitian ini menggunakan metode angket, dokumentasi dan observasi untuk memperoleh informasi dan data. Setelah mengumpulkan dan mengolah data menggunakan rumus Tes t dan penghitungan manual maka hasil penelitian menunjukkan nilai taraf signifikan 1% maupun 5% lebih besar dibanding nilai to yaitu (2,02>-2,47<2,71). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Prestasi belajar PAI lulusan SD di SMPN 2 Mojowarno memiliki rata-rata kelas tidak ada perbedaan signifikan. Dibuktikan dengan nilai rata-ratanya 77,6. (2) Prestasi belajar PAI lulusan MI tidak menunjukkan perbedaan prestasi belajar dengan nilai rata-rata 84,7. (3) Ho diterima sedangkan Ha ditolak, Jadi tidak terdapat perbedaan prestasi belajar PAI antara lulusan SD dengan lulusan MI kelas VII di SMPN 2 Mojowarno. Kata Kunci: Perbandingan, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam