PENGARUH KEAKTIFAN MENGIKUTI PENDIDIKAN DINIYAH DENGAN PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP DARUL ULUM 1 UNGGULAN PETERONGAN JOMBANG

Main Author: MU’AZILLAH, IZRO’UL
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/1566/
Daftar Isi:
  • Keaktifan mengikuti pendidikan diniyah sangat penting dalam proses pembelajaran, jika peserta didik tidak aktif, maka peserta didik kelak menjadi generasi yang kurang bermutu. Dengan aktif mengikuti pendidikan diniyah di sekolah, maka peserta didik akan mampu meraih keberhasilan khususnya bidang agama. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yang mencari pengaruh antara variabel satu dengan variabel kedua. Adapun hasilnya dipeoleh dari rumus product moment yaitu 0, 969, maka nilai r table untuk taraf signifikan 5% dengan N=77 diperoleh 0, 227 karena nilai r hitung lebih besar dari pada r table untuk signifikan 5% (0, 969>0,227), maka hipotesis nol (Ho) ditolak hipotesis alternative (Ha) diterima. Kesimpulannya adalah pengaruh keaktifan mengikuti pendidikan diniyah dengan peningkatan kompetensi siswa pada bidang studi pendidikan agama islam di SMP Darul ;Ulum 1 Unggulan Peterongan Jombang sangat tinggi. Kata Kunci : Pendidikan diniyah, Kompetensi,