PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP KEMANDIRIAN MURID DALAM MEMBACA AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN TARBIYATUL ATHFAL DUKUHMOJO MOJOAGUNG JOMBANG

Main Author: Fachriani, Isna
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/1565/
Daftar Isi:
  • Kompetensi Profesional guru sangat penting dalam proses pembelajaran al-Qur’an, jika kompetensi guru rendah, maka kelak peserta didik akan menjadi generasiyang bermutu Qur’ani yang rendah.Tujuannya pertama mengidentifikasi kompetensi professional guru, kedua mengidentifikasi kemandirian murid dalam membaca al-Qur`an, ketiga mengetahui pengaruh kompetensi professional guru terhadap kemandirian murid dalam membaca al-Qur`an. Penelitian ini penelitian kuantitatif yaitu penelitian yang untuk menemukan ada tidaknya pengaruh antara dua variabel. Metode yang digunakan pertama observasi kedua wawancara ketiga angket, tehnik analisis data menggunakan metode statistik,.kesimpulannya: pertama Penerapan metode Qiraati, dikategorikan cukup, karena prosentase sebesar 46,5% kedua kemampuan membaca al-Qur`an dikategorikan cukup. karena prosentase sebesar 44%, ketiga hasil penelitian pengaruh metode Qiraati terhadap kemampuan membaca al-Qur`an, menunjukan bahwa nilai F_hitung sebesar 78.060 dengan nilai sig. (p. Value) sebsar 0,000. Karena nilai sig. (p. Value) <0,05, maka Haditerima dan Ho ditolak atau 0,000 > 0,05. Maka keptusannya Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh kompetensi professional guru terhadap kemandirian murid dalam membaca al-Qur’an di Taman Pendidikan al-Qur’an Tarbiyatul Athfal Dukuhmojo Mojoagung Jombang. KataKunci: Kompetensi Profesional, Kemandirian, Membaca Al-Qur`an