PENGARUH METODE GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS X
Main Author: | LAILI, ANIS NUR |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/1412/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika, sehingga perlu diterapkan metode pembelajaran yang dapat melibatkaan siswa aktif dalam melakukan prosedur pemecahan masalah matematika. Salah satu metode pembelajaran yang mampu melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran yaitu metode guided dicovery learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan metode guided discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental dengan desain posttest-only control design dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini terdapat dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan metode guided discovery learning dan kelas kontrol dengan metode ekspositori. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X di SMK Negeri 1 Trowulan yang terdiri dari 9 kelas dan sampelnya yaitu siswa kelas X Multimedia (MM) dan siswa kelas X Usaha Perjalanan Wisata (UPW). Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (uji-t). Dalam uji hipotesis diperoleh nilai thitung sebesar 2,335 dan nilai signifikansi sebesar 0,023. Oleh karena nilai thitung ttabel (2,335 2,002) dan P value maka H0 ditolak, artinya bahwa ada perbedaan antara rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dengan rata-rata nilai posttest kelas kontrol. sehingga dapat dikatakan bahwa metode guided discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X. Kata kunci: Guided Discovery Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.