KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF VISUALIZER DAN VERBALIZER
Main Author: | AL CHURRIYYAH, LAILATUN NI’MAH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/1411/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif visualizer dan verbalizer. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA MA AL- Anwar Paculgowang dengan subjek dua orang siswa yang terdiridari satu siswa dengan gaya kognitif visualizer, satu siswa dengan gaya kognitif verbalizer. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan cara tes dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Siswa visualizer dapat memahami masalah dengan membaca soal berulang- ulang, dapat menjelaskan kembali maksud dari soal menggunakan bahasanya sendiri dan dapat mengibaratkan dengan sesuatu yang lain, dapat menjelaskan rencana yang telah dibuat dengan baik serta alasan menggunakan rencana tersebut, dapat menyelesaikan soal sesuai dengan rencana yang digunakan, melakukan pemeriksaan kembali hasil pekerjaannya dengan mengerjakan ulang. (2) Siswa verbalizer dapat memahami masalah dengan membaca soal berulang kali, dapat menceritakan kembali maksud dari soal sama persis dengan soal yang tertulis, dapat membuat rencana yang akan digunakan serta alasan menggunakan rencana tersebut, dapat menyelesaikan soal sesuai dengan rencana yang digunakan, melakukan pemeriksaan kembali hasil pekerjaannya dengan mengoreksi ulang. Kata kunci: Pemecahan masalah, Gaya Kognitif, VVQ