ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI TRIGONOMETRI

Main Author: Anwar, Muhammad Khoirul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/1407/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikaan soal uraian matematika pada materi trigonometri berdasarkan kriteria indikator jenis-jenis kesalahan yang sudah ditetapkan peneliti. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah tiga siswa yang mempunyai kesalahan terbanyak dan berkomunikasi baik yaitu ��1, ��2, dan��3. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan cara tes dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kesalahan yang dilakukan subjek ��1 yaitu kesalahan konsep (salah dalam menuliskan rumus segitiga), kesalahan menggunaan data, kesalahan prosedur pada indikator kesalahan perhitungan, kesalahan penarikan kesimpulan pada indikator menentukan jawaban akhir dan menentukan satuan yang diminta soal. Sedangkan (2) kesalahan yang dilakukan ��2 meliputi kesalahan penggunaan data (menambah dan menulisan data ke variabel rumus terbalik, kesalahan prosedur pada indikator perhitungan, kesalahan penarikan kesimpulan pada indikator kesalahan jawaban akhir dan kesalahan menentukan satuan yang diminta dalam soal. (3) Sedangkan ��3 melakukan kesalahan penggunaan data (salah dalam menuliskan data yang dimasukan kedalam rumus), kesalahan prosedur pada indikator perhitungan dan kesalahan penarikan kesimpulan pada indikator menentukan jawaban akhir dan menentukan satuan yang diminta soal. Kata kunci: Analisis Kesalahan, Soal, Trigonometri.