ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP DIMENSI TIGA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT PADA SISWA KELAS X

Main Author: MAULIDAH, FITRIYATUL
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/1402/
Daftar Isi:
  • Matematika merupakan pembelajaran yang rumit dan memerlukan pemahaman yang runtut, salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah memahami konsep matematika, dengan pemahaman konsep matematika siswa dapat mempelajari sesuatu yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep dimensi tiga ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent dan untuk mengetahui lebih baik mana pemahaman konsep matematika ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent pada kelas X. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini ada dua siswa yaitu siswa yang mempunyai gaya kognitif field independent (DC) dan satu siswa yang mempunyai gaya kognitif field dependent (RF). Materi pada penelitian ini adalah jarak dan sudut yang memuat 7 indikator pemahaman konsep Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (A) Subjek DC, pada materi jarak dan sudut yang memuat indikator pemahaman konsep: (1) belum lengkap dalam menyatakan ulang konsep, (2) mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat dan konsep jarak benar dan lengkap, (3) memberikan contoh dan bukan contoh dengan benar dan lengkap, (4) menyajikan jarak dalam bentuk representasi matematika dengan benar dan lengkap, (5) mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup dalam konsep jarak dengan benar dan lengakap, (6) memanfaatkan kesebangunan dengan benar dan langkah-langkah menentukan jarak dengan benar, (7) mengaplikasikan sudut dan dan pada pemecahan masalah benar. (B) Subjek RF, pada materi jarak dan sudut yang memuat indikator pemahaman konsep: (1) belum lengkap dalam menyatakan ulang konsep, (2) mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat dan konsep jarak salah, (3) memberikan contoh dan bukan contoh dengan benar dan lengkap, (4) menyajikan jarak dalam bentuk representasi matematika dengan benar dan lengkap, (5) mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup dalam konsep jarak dengan benar dan lengakap, (6) memanfaatkan kesebangunan dengan salah tapi langkah-langkah menentukan jarak dengan benar, (7) mengaplikasikan sudut dan dan pada pemecahan masalah salah. Siswa yang gaya kognitif field independent mempunyai pemahaman konsep yang lebih baik dari pada siswa yang gaya kognitif field dependent. Kata kunci : pemahaman konsep, dimensi tiga, , gaya kognitif field independent dan field dependent.