KORELASI KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR‘AN SISWA TPQ AL-HIKMAH DENGAN HASIL BELAJAR SISWA BIDANG STUDY AL-QUR’AN HADITH DI MI AL-HIKMAH JANTI JOGOROTO JOMBANG

Main Author: Laily, Alfu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/140/1/BAB%20I.pdf
http://eprints.unipdu.ac.id/140/
Daftar Isi:
  • Al-Qur’an merupakan pedoman hidup umat Islam di dunia, di dalam Al-Qur’an terdapat berbagai ajaran dan petunjuk bagi manusia untuk mencapai kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi kemampuan membaca Al-Qur’an siswa TPQ Al-Hikmah dengan hasil belajar siswa bidang study Al-Qur’an Hadithdi MI Al-Hikmah Janti Jogoroto Jombang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan uji analisis korelasi Product Moment. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III-VI MI Al-hikmah Janti Jogoroto yang merupakan santri TPQ Al-Hikmah Janti. Hasil analisis diperoleh nilai r hitung sebesar 0,675 dan r tabel dengan signifikasi 5% diperoleh nilai 0,279. Oleh karena r hitung > r tabel maka ini membuktikan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terbukti bahwa ada korelasi yang signifikan antara kemampuan membaca Al-Qur’a>nsiswa TPQ Al-Hikmah dengan hasil belajar siswa bidang study Al-Qur’an Hadithdi MI Al-Hikmah Janti Jogoroto Jombang. Kata kunci: Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Hasil Belajar, Bidang Study Al-Qur’an Hadith