PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORI
Main Author: | RAHMAWATI, AINUR |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/1399/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika, sehingga perlu diterapkan model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa aktif dalam melaksanakan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran yaitu model kooperatif tipe jigsaw. . Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan pembelajaran ekspositori. Penelitian ini merupakan quasi eksperimental design jenis pretest and posttest group dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini terdapat dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan diberikan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan kelas kontrol dengan diberikan pembelajaran ekspositori. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar observasidan tes. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MA Umar Zahid Perak Jombang dan sampelnya siswa kelas X-1 dan siswa kelas X-2. Sementara itu, cara pengambilan sampel menggunakan purposive sample. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji perbedaan rata-rata (uji-t). Dalam uji hipotesis didapat nilai signifikansi sebesar 0,008. Nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari nilai taraf signifikansi (0,008< 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa ada perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan pembelajaran ekspositori Kata Kunci : Jigsaw, Ekspositori, Kemampuan Komunikasi Matematis.