PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED

Main Author: DIANTI, VITA AYRIL
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/1397/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dari jurusan DPKL, UPW, DKV, dan TKJ SMK Negeri 1 Trowulan Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 101 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu proportionate stratified random sampling dan diperoleh 82 siswa sebagai sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner kecerdasan emosional dan soal matematika open-ended. Prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji normalitas, uji autokorelasi dan uji heteroskesitas. Sedangkan uji hipotesis yang dilakukan adalah regresi linier sederhana. Berdasarkan uji regresi linier sederhana diketahui bahwa tolak H0, karena nilai signifikan < , yaitu 0,001 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Berdasarkan hasil Square (koefisien determinasi) diperoleh koefisien determinasi sebesar 0,129, maka dari hasil ini dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel kemampuan berpikir kreatif siswa dipengaruhi oleh kecerdasan emosional sebesar 12,9%. Dan diperoleh persamaan ragresi yaitu, = − 0,758 + 0,703 , yang artinya bahwa setiap penambahan 1 nilai kecerdasan emosional maka kemampuan berpikir kreatif matematis bertambah sebesar 0,703 . Koefisien bernilai positif artinya terjadi hubungan positif antara kecerdasan emosional dan kemampuan berpikir kreatif matematis. Kata kunci: kecerdasan emosional, kemampuan berpikir kreatif matematis, open-ended