PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF DI MA UNGGULAN DARUL „ULUM STEP-2 KEMENAG RI

Main Author: FAUZIYAH, SITI
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/1395/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah matematika siswa pada materi trigonometri ditinjau dari gaya kognitif. Pemecahan masalah pada penelitian ini mengacu pada indikator pemecahan masalah yang ditentukan oleh Polya (1973). Pada penelitian ini diambil 4 siswa sebagai subjek dan dilaksanakan di MA Unggulan Darul „Ulum Step-2 Kemenag RI Jombang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes tertulis pemecahan masalah dan wawancara terhadap subjek. Secara umum hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Subjek FD1, subjek dengan kategori field dependence. (a) memahami masalah, (b) melakukan rencana pemecahan masalah, (c) mengecek kembali. (2) Subjek FD2, subjek dengan kategori field dependence. (a) memahami masalah, (b) melakukan pemecahan masalah, (c) mengecek kembali. (3) Subjek FI1, subjek dengan gaya kognitif field independence. (a) memahami masalah, (b) merencanakan pemecahan masalah, (c) melakukan rencana pemecahan masalah, (d) mengecek kembali. (4) Subjek FI2, subjek dengan gaya kognitif field independence. (a) memahami masalah, (b) merencanakan pemecahan masalah, (c) melakukan rencana pemecahan, (d) mengecek kembali. Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif