PERBEDAAN HASIL BELAJAR DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI FUNGSI NAIK DAN FUNGSI TURUN SISWA KELAS XI
Main Author: | FITRIA, NAILI FAIZ |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/1391/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar dalam penerapan model pembelajaran ekspositori dan Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran matematika materi fungsi naik dan fungsi turun siswa kelas XI. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dengan pemberian model pembelajaran TPS dan kelas kontrol dengan pemberian model pembelajaran ekspositori. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar tes. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA dengan menggunakan uji-u atau uji Mann-Whitney sebagai rumus uji analisis. Berdasarkan hasil uji-u, nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi (0,00<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar dalam penerapan model pembelajaran ekspositori dan TPS (Think Pair Share) pada mata pelajaran matematika materi fungsi naik dan fungsi turun siswa kelas XI di MAN 2 Jombang. Maka, model pembelajaran TPS berbeda dan lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori pada hasil belajar matematika siswa kelas XI. Kata kunci : Hasil belajar, model pembelajaran Think Pair Share, model pembelajaran ekspositori.