HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS X IPA SMA DARUL ULUM 1 UNGGULAN BPPT REJOSO PETERONGAN JOMBANG

Main Author: JANNAH, RIKHAITUL
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/1390/
Daftar Isi:
  • Motivasi belajar mempunyai pengaruh dengan kemampuan pemecahan masalah siswa, disebabkan motivasi dapat membentuk pribadi yang kreatif dan bertanggung jawab. Siswa yang mempunyai tingkat kemandirian belajar tinggi, maka akan semakin baik kemampuan pemecahan masalah yang dimilikinya. Penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan antara motivasi belajar, kemandirian belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X IPA SMA DU 1 UNGGULAN BPPT Rejoso Peterongan Jombang. Populasi yang diambil di kelas X IPA SMA DU 1 UNGGULAN BPPT Rejoso Peterongan Jombang dengan jumlah 234 siswa. Dengan sampel secara rondom sampling yaitu pemgambilan secara acak. Dengan demikian pemgambilan sampel dengan jumlah 148 siswa. metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode angket dan tes. sedangkan untuk analisis data menggunakan korelasi ganda. Hasil penelitian yang diperoleh melalui uji korelasi ganda terdapat hubungan antara motivasi belajar, kemandirian belajar dengan kemampuan pemecahan masalahan matematika Siswa Kelas X IPA SMA DU 1 UNGGULAN BPPT Rejoso Peterongan Jombang sebesar (R) = 0,421. Sedangkan korelasi parsial antara motivasi belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 0,385. Untuk koefisien parsial antara kemandirian belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 0,330. KATA KUNCI : motivasi belajar, kemandirian belajar, dan kemampuan pemecahan masalah.