PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE, CUSTOMER INTIMACY DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK RAKYAT INDONESIA SYARIAH KABUPATEN JOMBANG
Main Author: | AZIZ, MUHAMMAD LATIF FATHUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/1356/ |
Daftar Isi:
- Saat ini perkembangan perbankan di Indonesia yang berbasis syariah banyak di minati masyarakat. Dikarenakan perbankan syariah memberiakan sebuah penawaran yang cukup menarik bagi nasabah yakni tidak memberikan bunga. Semakin banyak persaingan yang ada maka menimbulkan berbagai produk dan jasa yang di tawarkan bank syariah kepada para nasabahnya.sehingga para pengusaha perbankan syariah dituntuk untuk menciptakan suatu keunggulan untuk menarik para nasabah. Para pemilik Bank Syariah jika ingin tetap mempertahankan eksistensinya harus tetap menjaga seoptimal mungkin baik dari segi pelayanan yang berkualitas dan keramahan untuk menjalin kedekatan dengan para nasabahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganasis sejauh mana pengaruh Customer Experience, Customer Intimacy dan kepercayaan terhadap Loyalitas Nasabah di BRI Syariah Jombang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif dengan dengan populasi 100 nasabah. Dengann melalui Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik Sampling Insidental. Teknik yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan 3 precditor diperoleh hasil sebagai berikut, uji secara simultan diperoleh nilai F hitung (13,032) > nilai F tabel (2,70) dengan tingkat signifikansi (0,000) dibawah 0,05. Sehingga H4 diterima, dengan demikian variabel Customer Experience (X1), Customer Intimacy (X2) dan Kepercayaan (X3) secara serempak (simultan) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Nasabah (Y) BRI Syariah Jombang. Kemudian uji yang ke dua diperoleh nilai t hitung untuk X1 = 5,314 X2= -0,499 dan X3 = 1,829 dengan nilai t tabel = 1,984 artinya hanya variabel Customer Experience (X1) yang berpengaruh secara parsial terhadap Loyalitas Nasabah (Y). Untuk mengetahui kontribusi yang dapat diberikan adalah dengan melihat nilai koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,267 artinya 26,7 % Loyalitas Nasabah dipengaruhi oleh ke tiga faktor tersebut sedangkan sisanya 73,3 % dipengaruhi oleh variabel lain. Kata kunci : Customer Experience, Customer Intimacy dan Loyalitas Nasabah.