IMPLEMENTASI MINI BANK DALAM MENINGKATKAN LITERASI KEUANGAN SISWA (Kerjasama BRI Syariah dengan MA Negeri 3 Jombang di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang)
Main Author: | Nuzilah, Ana Faizatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/1337/ |
Daftar Isi:
- Dalam kenyataannya Literasi Keuangan masyarakat Indonesia masih rendah yakni sebesar 29,7% pada tahun 2016. Dalam prioritas target kegiatan literasi keuangan salah satu sasaranya adalah para pelajar. Literasi keuangan adalah serangkaian proses atau kegiatan dalam rangka meningkatkan pengetahuan, kepercayaan dan ketrampilan konsumen dan masyarakat umum agar dapat lebih baik dalam meengelola keuangan. Penelitian ini bertujuan ingin menganalisa dan mengetahui sajauhmana implementasi mini bank dalam meningkatkan literasi keuangan siswa dengan memperhatikan manajemen keuangannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dengan menggunakan teknik pengambilan data melalui wawancara, observasi, dan dokumenter, yang terkait dengan situasi dan kondisi empiris tentang literasi keuangan. Hasil penelitian diketahui bahwa Implementasi mini bank dalam meningkatkan literasi keuangan siswa MA Negeri 3 Jombang, menunjukkan bahwa manajemen keuangan mini bank dikelola oleh BRI Syariah dan MA Negeri 3 Jombang, spending atau pengeluaranmini bank ialah payroll gaji, saving mini bank ialah tabungan siswa. dalam tingkat literasi keuangan, siswa masih tergolong ke dalam “suff literate”. Atau memilki literasi keuangan yang cukup, dimana mereka hanya memiliki pengetahuan dan keyakinan tentang lembaga jasa keuangan serta produk dan jasa keuangan. Dalam proses kegiatan literasi keuangan pihak BRI Syariah belum melaksanakan sosialisasi atau kampanye literasi keuangan kepada siswa. Dalam aplikatifnya proses literasi keuangan hanya melalui pembangunan infrastruktur. Kata Kunci : Implementasi, Manajemen Keuangan , Literasi Keuangan