PENGARUH BRANDING KOTA SANTRI TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH PESANTREN DI KABUPATEN JOMBANG

Main Author: NURYANTO, MUHAMAD ANTANSARI LILIK
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/1320/
Daftar Isi:
  • Dalam perkembangan ilmu pemasaran, branding tidak hanya diterapkan pada produk dan jasa, namun juga diterapkan pada sebuah kota atau negara dengan konsep city branding. Kabupaten Jombang dikenal sebagai salah satu kota santri di Indonesia yang dibuktikan dengan adanya empat pesantren besar dan tergolong sebagai pesantren tua serta terdapat ratusan pesantren di dalamnya. City branding Kabupaten Jombang adalah “Friendly & Religius” telah mensiratkan bahwa Kabupaten Jombang sebagai kota santri. sehingga penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh branding kota santri terhadap keputusan memilih pesantren di Kabupaten Jombang. Untuk mengetahui teori city branding, penulis menggunakan teori the city brand hexagon dari Simon Anholt yang menggunakan enam komponen sebagai parameter ; presence, place, people, pulse, potential, dan prerequisites. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi berganda segai teknik analisis data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh secara signifikan branding kota santri terhadap keputusan memilih pesantren di Kabupaten Jombang dengan nilai sigifikansi = 0.000. Secara parsial dari enam variabel hanya variabel presence yang signifikan dengan nilai signifikansi = 0, 000. Sedangkan lima variabel bebas lainya tidak signifikan dengan rincian place signifikansi = 0,101, potential signifikansi = 0,861, pulse signifikansi = 0,091, people = signifikansi = 0,622, dan prerequisites signifikansi = 0,537. Kata Kunci : Branding, City Branding, Kota Santri, Keputusan Memilih, Jombang