IMPLEMENTASI STRATEGI QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HUDA REJOSLAMET MOJOWARNO JOMBANG

Main Author: Yousefah, Ardyani
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/1296/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah bahwa banyak anak kelas III al-Huda Rejoslamet yang cenderung motivasi belajarnya masih dikategorikan “cukup” dalam pembelajaran Bahasa Arab dengan persentase 94%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas strategi quantum learning dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas III al-Huda agar bisa mencapai kategori motivasi belajar “baik”. Pendekatan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas model Kurt Lewin dengan 2 siklus dan tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : perencanaan, tindakan, observasi atau pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian motivasi belajar pra siklus sebesar 94% dengan kategori “cukup”, setelah penerapan strategi quantum learning terdapat kenaikan pada siklus 1 sebesar 72% dengan kategori “baik” dan siklus 2 sebesar 100% dengan kategori “baik” (lebih memuaskan). Disini dapat disimpulkan bahwa “Implementasi Strategi Quantum Learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab di MI al-Huda Rejoslamet Mojowarno Jombang terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata Kunci: strategi, quantum learning, motivasi, belajar, bahasa, Arab