IMPLEMENTASI STRATEGI QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HUDA REJOSLAMET MOJOWARNO JOMBANG
Main Author: | Yousefah, Ardyani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/1296/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah bahwa banyak anak kelas III al-Huda Rejoslamet yang cenderung motivasi belajarnya masih dikategorikan “cukup” dalam pembelajaran Bahasa Arab dengan persentase 94%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas strategi quantum learning dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas III al-Huda agar bisa mencapai kategori motivasi belajar “baik”. Pendekatan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas model Kurt Lewin dengan 2 siklus dan tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : perencanaan, tindakan, observasi atau pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian motivasi belajar pra siklus sebesar 94% dengan kategori “cukup”, setelah penerapan strategi quantum learning terdapat kenaikan pada siklus 1 sebesar 72% dengan kategori “baik” dan siklus 2 sebesar 100% dengan kategori “baik” (lebih memuaskan). Disini dapat disimpulkan bahwa “Implementasi Strategi Quantum Learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab di MI al-Huda Rejoslamet Mojowarno Jombang terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata Kunci: strategi, quantum learning, motivasi, belajar, bahasa, Arab