PENERAPAN MEDIA JAM SUDUT DAN METODE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGHITUNG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AN NASHIRIYYAH NGUMPUL JOGOROTO JOMBANG
Main Author: | Muslimah, Salisatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/1294/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan media jam sudut dan metode two stay two stray dapat meningkatkan keterampilan menghitung siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V MI An Nashiriyyah. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi keterampilan menghitung dengan menerapkan media jam sudut dan metode two stay two stray kepada siswa kelas V di MI An Nashiriyyah Ngumpul Jogoroto Jombang Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, menggunakan Model Kurt Lewin, tekhnik analisis data flow model, alat pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keterampilan menghitng siswa sebelum diadakannya penelitian dengan rata-rata 67,5, siklus I dengan rata-rata 72,1, dan siklus II dengan rata-rata 77,76. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media jam sudut dan metode two stay two stray dapat meningkatkan keterampilan menghitung pada mata pelajaran matematika di kelas V MI An Nashiriyyah Ngumpul Jogoroto Jombang Tahun Pelajaran 2017/2018. Kata Kunci: Media Jam Sudut, Metode TSTS, Keterampilan Menghitung, Matematika