PENGARUH PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH SALAFIYAH SYAFI’IYAH KLINTEREJO MOJOKERTO

Main Author: Munib, Mohammad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unipdu.ac.id/1289/
Daftar Isi:
  • Dengan adanya Tahfidzul Qur’an (menghafal Al-Qur’an) di harapkan tidak mengganggu aktivitas belajar siswa malah sebaliknya prestasi belajar siswa akan meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh program kelas Tahfidzul Qur’an terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI Tahfidz Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Klinterejo. Kegiatan program kelas Tahfidzul Qur’an di laksanakan selama 5 jam pelajaran pertama selebihnya digunakan untuk mata pelajaran umum. Jenis penelitian ini yakni penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil data yang diperoleh, pada kelas X dan XI Tahfidz bawasanya Program Tahfidzul Qur’an memberika pengaruh sebesar 0,240 atau 24% terhadap prestasi belajar siswa. Sisanya disebabkan oleh faktor yang lain. Maka dari itu terdapat pengaruh antara program Tahfidzul Qur’an terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI Tahfidz semester genap tahun ajaran 2017-2108 di Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Klinterejo Mojokerto. Kata Kunci : Tahfidzul Qur‟an, prestasi belajar, siswa