PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL MU’AWANAH MOJOAGUNG JOMBANG
Main Author: | Roji, Muhammad Fathur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unipdu.ac.id/1287/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh metode tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa MTs Darul Mu’awanah Mojoagung Jombang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan uji analisis Regresi Linier Sederhana. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu metode tutor sebaya (X) dan hasil belajar siswa (Y), adapun data diperoleh dari penyebaran angket dan interview. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa variabel X tergolong baik dengan prosentase 73,40%, sedangkan variabel Y juga tergolong baik dengan prosentase 63,54%. Dari hasil analisis dapat diketahui hasil uji signifikasi sebesar 8.169 dengan nilai sig. (p. Value) sebesar 0,000. Karena nilai sig. (p. Value) <0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima atau 0,000 < 0,05. Maka keputusan yang diambil adalah H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan prosentase 12% antara penerapan metode tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran SKI di MTs Darul Mu’awanah Mojoagung Jombang. Kata kunci: Metode Tutor Sebaya, Hasil Belajar Siswa.